حفلة الافتتاح للبرنامج الخاص لتعليم اللغة العربية للسنة الدراسية 2014-2015 مHaflah iftitahHaflah Iftitah PPBA “Dengan bahasa Arab kita menuju World Class University”

حفلة الافتتاح للبرنامج الخاص لتعليم اللغة العربية للسنة الدراسية 2014-2015 مHaflah iftitahHaflah Iftitah PPBA “Dengan bahasa Arab kita menuju World Class University”

[dropcap]P[/dropcap]ada hari senin, 25 Agustus 2014 Program Pengembangan Bahasa Arab (PPBA) mengadakan Haflah Iftitah yang merupakan pembukaan perkuliahan intensiv bahasa Arab bagi mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Student Center UIN Maliki Malang ini dimulai pada pukul 14. 00 WIB yang diawali dengan penampilan slide kegiatan PPBA pada tahun-tahun sebelumnya, seperti Musabaqoh Baina al fushul, Mukhoyyam ‘Araby, Haflah Iftitah, Haflah Ikhtitam  dan lain-lain. Acara  Haflah Iftitah ini dibuka oleh kepala Program Pengembangan Bahasa Arab Dr. Slamet Daroini, MA.

sambutan

Dalam Sambutannya Dr. Slamet Daroini,MA menyampaikan tentang pentingnya bahasa Arab dan sedikit memberikan gambaran umum kelembagaan PPBA diantaranya pelayanan administrasi, akademik, serta sistem akademik yang ada di PPBA. Beliau juga menyampaikan terimakasihnya kepada semua panitia yang ikut mensukseskan terselenggaranya Haflah Iftitah dan sekaligus beliau juga membuka acara Haflah Iftitah dengan do’a dan harapan semoga mahasiswa dapat mengikuti proses pembelajaran bahasa Arab di PPBA dengan baik dan semangat demi terwujudnya Program World Class University di kampus UIN MALIKI Malang.

nyanyi

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penampilan Ghina’ Araby oleh mahasiswa/i berprestasi jurusan Bahasa dan Sastra Arab yang dipersembahkan oleh Nadia dkk. Mereka adalah alumni PPBA angkatan tahun 2011 yang sudah sering-sering mengikuti perlombaan menyanyi bahasa tingkat nasional yang diadakan oleh beberapa universitas terkemuka di Indonesia.

Penampilan Ghina’ Arabi ini bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa baru bahwa bahasa Arab itu indah, menarik dan sangat penting untuk dipelajari. Tidak hanya merupakan sarana untuk kajian kitab-kitab klasik melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan seperti aransemen lagu-lagu yang saat ini digemari oleh pecinta seni.

libia

Mahasiswa semakin bersemangat lagi, manakala penyajian oleh dua pemateri yang cukup dikenal dan memiliki dedikasi yang tinggi dalam pembinaan dan pengajaran Bahasa Arab, yaitu Ust. Dr. H. Wildana Lc dan Dr. H. Sulaiman Hasan dari Libya. Dalam Dialog Interaktif yang dipandu oleh Ust H. A. Syakirin, Lc    tersebut mereka memaparkan tentang pentingnya bahasa Arab dalam mewujudkan program World Class University.

Dr. H. Sulaiman Hasan mengatakan “pada hakikatnya sebagian besar istilah-istilah ilmu pengetahuan di dunia mengadopsi dari kata-kata bahasa Arab, begitu pula para pakar ilmuwan terkenal di dunia juga berasal dari kalangan orang Arab. Dan ini menunjukkan bahwa bahasa Arab telah bersinergi dengan perkembangan zaman ribuan tahun lamanya seiring dengan perkembangan dunia Islam”.

Dr. H. Wildana, Lc, menambahkan bahwa Bahasa Arab bukan hanya sebatas pengetahuan saja ( Knowledge ) tapi lebih daripada itu bahasa Arab merupakan sarana untuk berkomunikasi untuk membuka wawasan yang lebih luas lagi.

iftitah

Haflah iftitah tahun 2014 ini kemudian diakhiri dengan penyerahan kitab Arabiyyah Bayna Yadaika secara simbolik kepada perwakilan mahasiswa baru yang dalam hal ini diwakili oleh mahasiswa dari Jurusan Akuntansi dan Pendidikan bahasa Arab. Dan diakhir acara adalah  iringan do’a sekaligus sebagai penutup rangkaian acara Haflah Iftitah PPBA yang dipimpin oleh Ust Dr. H. M .Aunul Hakim,MH.

Harapan dari serangkaian kegiatan Haflah Iftitah yang diselenggakaran oleh panitia PPBA UIN  MAlIKI Malang pada hari Senin, 25 Agustus 2014 tidak lain adalah memotivasi para mahasiswa baru 2014 yang berasal dari berbagai fakultas dengan memiliki beragam latar belakang pendidikan yang berbeda agar mereka mampu berkompetisi untuk mempelajari bahasa Arab yang akan mereka tempuh selama 2 semester,yang diharapkan dalam jangka waktu satu tahun, mereka telah menguasai bahasa Arab secara aktif, amiin.

Comments

comments

Share this post